Posted on

Berpikir Positif

berpikir positif

Berpikir positif merupakan langkah awal kita dalam menjalani kehidupan :). Mungkin sahabat pernah mengalami cobaan yang berat sehingga sulit untuk berpikir jernih, bahkan timbul pikiran-pikiran negatif, seperti saat hendak menghadapi sidang Tesis misalnya, ada pikiran negatif dan rasa ketakutan sebelum menghadapi sidang tersebut, seperti :

“Bagaimana jika saya tidak lulus?”

“Bagaimana jika penguji menyanyakan hal yang tidak bisa saya jawab?”

“Bagaimana jika nanti banyak revisi?”

dan masih banyak lagi pikiran negatif lain yang muncul. Namun tahukah sahabat bahwa pikiran negatif itu sama sekali tidak membantu kita bahkan sering kali tidak akan terjadi :), alangkah baiknya jika kita bisa berpikir positif, kebalikan dari pikiran negatif diatas, seperti.

“InsyaAllah saya akan bisa menjawab semua pertanyaan saat sidang, karena saya yang mengerjakan tesis ini”

“InsyaAllah setelah sidang saya akan bahagia dan mendapat gelar master”.

Berpikir positif juga harus diiringi dengan tindakan positif, seperti:

  • Persiapan yang matang sebelum sidang
  • Pelajari seluruh konsep tesis yang kita buat
  • Latihan di depan teman-teman baik
  • Siapkan beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan
  • Terima masukan dari teman-teman yang mengerti akan tesis kita

Nah, melakukan  5 hal diatas akan mengurangi ketakutan kita, jangan lupa untuk selalu berdo’a dan berusaha :).

Setiap muncul pikiran positif, kita harus cepat-cepat mengalihkannya kepikiran positif.

Ini ada rumus 5B yang saya dapatkan dari Proesor Muchtar Achmad, yang sangat ampuh untuk mendorong kita berpikir positif.

  1. Benar >< Palsu

Lawan dari Benar adalah palsu, jika kita memiliki pikiran negatif atau melakukan kesalahan, maka lawan dengan berpikir dan melakukan hal-hal yang benar

  1. Baik >< Jahat

Jika kita pernah berbuat jahat tanpa disengaja atau disengaja, maka di masa depan kita harus melawannya dengan berbuat kebaikan.

  1. Betul >< Salah

Dlam menjalani kehidupan tentunya kita pernah berbuat kesalahan, misalnya kita secara tidak sengaja melukai perasaan seseorang, maka di masa depan kita harus melawan rasa bersalah tersebut dengan berbuat kebaikan kepada orang yang pernah kita lukai.

  1. Bagus >< Jelek

Jika kita pernah melakukan hal-hal yang jelek, kita harus melawannya dengan hal yang bagus, kita memohon kepada Tuhan untuk menunjukkan kita, apa yang bagus menurut-Nya juga bagus bmenurut kita, agar kita selalu berada dijalan yang lurus

  1. Bijaksana

Terakhir adalah bijaksana, untuk menjadi bijaksana kita butuh latihan, banyak membaca dan pengalaman yang cukup. Bijaksana adalah sesuatu yang tidak mudah namun bisa kita capai dengan banayk berdo’a, dan beribadah, juga berbuat kebaikan 😊

Saya juga pernah mendapatkan kata-kata bijak ini “Luka di masa lalu tidak mungkin kita bisa memperbaikinya, ada luka, dan dia dimasa lalu, bagaimana bisa kita hendak memperbaikinya?, yang bisa kita lakukan adalah melawan keburukan dimasa lalu dengan banyak berbuat kebaikan” ya dengan rumus 5B diatas.

Selamat berpikir positif 😊 semoga hari-hari kita menyenangkan dan bermanfaat, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *