Posted on

Hair Care

hair care

Do’a Ketika Menyisir Rambut

“Allahumma harrim sya’rii wa basyarii’alan naar.”

Ya Allah halangilah rambut dan kulitku dari api neraka.

Saat mengenakan hijab, perawatan rambut pun harus ekstra, karena rambut yang tertutup berpotensi lebih mudah rontok dan berketombe. Lalu, apa yang harus dilakukan? Ini solusinya:

  1. Cuci rambut minimal 3 kali dalam seminggu untuk menghilangkan kotoran yang bertumpuk di kulit kepala dan rambut.
  2. Gunakan shampo khusus yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe. Pilih shampo yang sesuai jenis rambut dan kondisi kuliat kepala.
  3. Untuk jenis rambut berminyak, gunakan kondisoner yang sesuai dengan jenis rambut agar tidak membuat kulit kepala menjadi lebih lembap dan berminyak. Kondisioner hanya dipakai untuk yang memiliki rambut panjang supaya pelumasan batang rambut dapat sampai ke ujung rambut.
  4. Jangan mengenakan kerudung saat rambut dalam kondisi basah, karena akan mempertinggi kadar lembapan rambut dan kulit kepala dapat mengalami gangguan.
  5. Pastikan rambut selalu dalam keadaan bersih dan kering sebelum menggunakan kerudung. Rambut lembap dan tertutup adalah “sarang” yang baik bagi jamur dan bakteri penyebab ketombe. Tak hanya itu, rambut yang basah cenderung lebih mudah rontok, karena terlalalu banyak gesekan. Guna hair dryer untuk mengeringkan rambut jika dalam kondisi terburu-buru.
  6. Pilih jilbab yang menyerap keringat, seperti yang terbuat dari bahan kaus atau katun.
  7. Gunakan jilbab maksimal 4 lapis. Dengan begitu sirkulasi udara pada rambut tetap seimbang.
  8. Jangan ikat rambut etrlalu kencang, karena dapat menyebabkan rambut mudah patah.
  9. Hindari jilbab berwarna gelap. Warna gelap menyerap cahaya matahari yang dapat menyebabkan kondisi lembap disekitar kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan jilbab berwarna putih atau terang saat udara sedang panas.
  10. Istirahatkan rambut. Jika tidak sedang menggunakan kerudung, istirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut untuk bernapas. Pola ini dapat mengurani kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan dan munculnya ketombe.
  11. Konsumsi makanan rendah lemak dan kaya protein. Vitamin B-6, B-12 dan C, sat zat besi dapat menutrisi rambut secara alami, kacang-kacangan, bayam, pisang dapat menjadi pilihan.

Dikutip dari buku Brain Beauty Belief oleh Dian Pelangi, halaman 272-273

Posted on

Do’a Saat Perkara Sulit Mengimpit

Do'a Saat Perkara Sulit Mengimpit

Saudariku, kehidupan yang fana ini harus kita lalui dengan penuh kesabaran. Tidak ada seorang manusia pun kecuali pasti diuji dengan kebaikan dan kejelekan. Ujian itu diturunkan Allah untuk hikmah yang sangat besar, yaitu agar terpisahkan antara hamba yang beriman dan hamba yang kufur.

Setiap langkah yang kita ayunkan dalam kehidupan di dunia ini tidak lepas dari hal-hal yang kita anggap sulit. Tentu hal itu menjadi beban yang sangat berat bagi siapa yang tidak mendapat bimbingan dari al-Qur’an dan as-Sunnah, tetapi ringan bagi siapa yang berjalan di atas bimbingan syari’at Allah. Betapa banyak manusia yang kehidupannya menjadi rusak disebabkan satu dari sekian kesulitan yang dia hadapi. Karena kesalahannya dalam bersikap, dia harus membayar mahal dengan hancurnya kehidupan dunianya yang bisa menyeretnya ke dalam pelanggaran-pelanggaran syariat. Oleh karena itu, betapa bahagianya seorang hamba yang berperang teguh pada syariat Allah. Seluruh problem dan kesulitan yang di hadapannya  dia selesaikan dengan bijak.

Saudariku, pada kesempatan kali ini, marilah kita memerhatikan bimbingan Rasulullah tentang apa yang seharusnya diucapkan oleh seorang hamba ketika dia mendapat kesulitan dalam kehidupan dunia. Rasulullah telah mengajarkan doa,

Ya Allah, tidak ada perkara yang mudah, kecuali apa yang engkau jadikan mudah, dan Engkau jadikan sesuatu yang sulit itu mudah apabila Engkau menghendakinya”

Ini doa yang dapat kita panjatkan kepada Allah agar kesulitan yang kita hadapi diberi kemudahan dan jalan keluar oleh Allah.

Tentu kita harus memiliki tawakal dan ketakwaan yang benar kepada Allah dalam menyelesaikan kesulitan-kesluitan yang kita hadapi, yaitu dengan berusaha dengan sungguh-sungguh dan selalu mendekatkan diri serta bertawakal kepada Allah.

Orang yang Bertakwa Pasti Mendapat Kemudahan

Dalam beberapa ayat, Allah telah menyebutkan bahwa barang siapa bertakwa kepada-Nya, Allah akan memberinya jalan keluar dan kemudahan dari kesulitan-kesulitan yang dia hadapi.

Allah berfirman,

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, Allah akan memberikan kepadanya jalan keluar.” (ath-Talaq: 2)

Jika dia bertakwa, Allah akan memberinya jalan keluar dalam semua urusannya tanpa terkecuali. Dengan menempuh bimbingan Allah, kalbunya menjadi sejuk, pikirannya menjadi segar, langkahnya menjadi terarah, dan tindakannya menjadi teratur. Inilah kunci keberhasilan kehidupan hamba di dunia dan di akhiratnya: bertakwa kepada Allah.

Ayat berikutnya firman Allah,

“Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan menjadikan urusannya mudah.” (ath-Talaq:4)

Tentu ini janji Allah yang pasti terwujud. Dengan takwa, seorang hamba betul-betul akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam urusannya. Sebelumnya, pikirannya sudah buntu dan dia tidak tahu bagaimana cara agar ia bisa keluar dari kesulitan yang ia hadapi. Dengan takwa, semua pun menjadi mudah dan ringan.

Allah memberikan bimbingan agar hamba-hamba-Nya tidak berputus asa dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam kehidupan ini. Pada waktu yang Dia kehendaki, pasti Dia memberikan jalan keluar dan kemudahan. Allah berfirman,

“Allah akan memberikan kemudahan setelah kesulitan.” (ath-Talaq:7)

Dari ayat ini kita bisa mengambi faedah bahwa kehidupan seseorang tidak akan selamanya sengsara dan sulit. Dengan hikmah-Nya, Allah akan memberikan kelapangan bagi hamba-hamba-Nya yang sedang mengalami kesulitan.

Dalam ayat yang lain Allah berfirman,

“Karena sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya, bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (al-Insyirah: 5-6)

Dalam ayat ini Allah mebawa kata al-‘usr (kesulitan) dengan bentuk ma’rifah (khusus) yang menunjukkan bahwa kesulitan itu satu, dan mebawakan yusr (kemudahan) dengan bentuk nakirah (umum) yang menunjukkan bahwa kemudahan dari Allah itu lebuh dari satu. Maka dari itu, kita katakan bahwa satu kesulitan tidak bisa mengalahkan dua kemudahan.

Saudariku, inilah penjelasan sekilas tentang doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah ketika kita menghadapi berbagai problem. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawab

Dikutip dari majalah Muslimah Qonitah, media cerdas wanita salihah, halaman 56-58.

Posted on

Masalah Itu Tak Seperti Kelihatannya

tips menghadapi masalah - delhusna

Sedih? Merasa hidup tak berjalan seperti yang diharapkan? Lalu Anda terus meratapi kesedihan itu dan terpuruk dalam ketidakberdayaan? Bacalah kisah ini. semoga bisa membuat kita tidak lupa untuk selalu memahami bahwa ada rahasia-Nya di balik setiap ketetapan-Nya.

Alkisah, dua malaikat bertamu ke rumah sebuah keluarga kaya. Keluarga itu memiliki rumah yang sangat megah dengan pekarangan yang luas. Ketika dua malaikat itu meminta izin untuk bermalam di sana, ternyata mereka bersikap kasar dan tidak mengizinkan kedua malaikat itu tidur di ruang tamu. Malaikat itu ditempatkan di kamar belakang yang lebih mirip gudang dengan debu di mana-mana.

Ketika mereka hendak tidur, malaikat yang lebih tua melihat dinding kamar itu tampak retak. Ia pun langsung memperbaikinya sehingga retakan itu menjadi tak terlihat. Menyaksikan peristiwa itu, malaikat yang lebih muda bertanya, “Mengapa engkau memperbaiki dinding kamar ini? Bukankah keluarga ini sangat kikir dan memperlakukan kita dengan kasar?” Malaikat yang lebih tua pun menjawab, “Tenanglah! Sesuatu tidak selalu kelihatan sebagaimana adanya.”

Pada malam berikutnya, kedua malaikat itu bertamu kerumah seorang petani yang sangat miskin. Setelah membagi makanan seadanya yang ia miliki, sang petani mempersilakan kedua malaikat untuk tidur di kamarnya. Keesokan harinya, malaikat menemukan petani dan istrinya sedang menangis tersedu-sedu karena sapi mereka, yang merupakan sumber pendapatan mereka satu-satunya, terbujur kaku. Melihat kesedihan petani itu, malaikat yang lebih muda merasa geram, dan langsung bertanya kepada malaikat yang lebih tua, “Mengapa kau biarkan hal itu terjadi?” Keluarga yang pertama memiliki segalanya, tetapi engkau menolong menambalkan dinding kamarnya yang retak. Lalu, petani ini dan istrinya yang begitu baik, mengapa engkau membiarkan sapi mereka mati?”

Malaikat yang lebih tua menjawab, “Tenanglah! Sesuatu tidak selalu kelihatan sebagaimana adanya. Ketika kita bermalam di rumah keluarga yang kaya itu, aku melihat ada emas tersimpan di lubang dinding kamar itu. Karena sang tuan rumah begitu tamak dan tidak mau berbagi hartanya dengan orang-orang miskin disekitarnya, aku pun menutup dinding yang retak agar ia tidak menemukan emas itu. Sementara tadi malam, ketika kita tidur di kamar petani ini, malaikat maut datang untuk mengambil istrinya. Aku pun langsung memberikan sapinya agar malaikat maut tidak jadi mengambil istrinya. Percayalah, sesuatu tidak selalu kelihatan sebagaimana adanya.”

Begitulah ketika kita hanya menilai sesuatu berdasarkan penilaian kita. Kita menggerutu ketika melihat sesuatu peristiwa berjalan tidak sesuai harapan. Padahal, seandainya memiliki iman, kita hanya  perlu percaya bahwa Allah selalu memiliki rencana indah di balik setiap peristiwa yang kta alami.

Allah Mahakuasa untuk berbuat kepada hamba-hamba-Nya. Dengan mudah Allah bisa memberi kita sesuatu, tapi dengan gampang pula Allah bisa mencabut segala sesuatu yang sudah kita miliki. Percayalah, dalam kesulitan yang menimpa kita, terdapat rahmat Allah yang begitu besar. Allah Maha Mengetahui ingin menguji, sejauh mana kita yakin dan percaya akan kuasa-Nya untuk menolong hamba-hamba-Nya yang mau berserah diri kepada-Nya.

Begitu pula dalam kenikmatan yang kita terima, percayalah, di balik semua itu terdapat rahasia Allah yang perlu kita tangkap. Allah yang  Maha Mengawasi ingin menguji, sejauh mana kita mau bersyukur atas limpahan nikmat-Nya yang kita terima selama ini, meski hanya kedipan mata dan napas yang tak pernah terputus.

 

Duhai Allah

 Tidak ada seorang pun yang bisa menghalangi apa saja yang engkau berikan kepadaku. Dan tidak ada seorang pun bisa memberi apa saja yang ingin Engkau cegah kepadaku. Sungguh, tak ada gunanya kemuliaan manusia di hadapan kemuliaan-Mu yang begitu agung.

Dikutip dari buku:

Aku Jauh Engkau Jauh, Aku Dekat Engkau Dekat

Penulis: Yadi Saeful Hidayat

Halaman 8-11

Posted on

Testimoni 2014 – 2017

DEa 3

Testimoni Tahun 2017

Diah Utami Ningsih
Diah Utami Ningsih
Immeita
Immeita
Adabina
Adabina

 

Ardina Ahmad
Ardina Ahmad

 

Dewi
Dewi

 

Diah Utami Ningsih
Diah Utami Ningsih

 

Diah Utami Ningsih
Diah Utami Ningsih

 

Diah Utami Ningsih
Diah Utami Ningsih

 

Dichan
Dichan

 

Esri
Esri

 

Esri
Esri

 

Herlina
Herlina

 

Herlinawati
Herlinawati

 

Herlinawati
Herlinawati

 

Husni
Husni

 

Icha
Icha

 

Ike
Ike

 

Ike
Ike

 

Lina Keanzey
Lina Keanzey

 

Lina Keanzey
Lina Keanzey

 

Lusiana
Lusiana

 

Meilani
Meilani

 

Meilani
Meilani

 

Mita Tania
Mita Tania

 

Nur Ainun
Nur Ainun

 

Purwaningsih
Purwaningsih

 

Sihab
Sihab

 

Tantri
Tantri

 

Tantri
Tantri

 

Thiuthie
Thiuthie

 

 

 

Winny
Winny

 

Meilani
Meilani

 

Yeti
Yeti

Testimoni Tahun 2016

Fitri
Fitri

 

Hashifah
Hashifah

 

Lizna Fiz
Lizna Fiz

 

Rocki
Rocki

 

Tyo Gibran
Tyo Gibran

 

Anggela Puspita
Anggela Puspita

Testimoni Tahun 2015

Nivavha
Nivavha

Aniick

Yanti
Yanti

 

Yanti
Yanti

 

Vitri
Vitri

 

Vita
Vita

 

Utari
Utari

 

Utari Feb
Utari Feb

 

Thata
Thata

 

Syafiyya Hanmdade
Syafiyya Hanmdade

 

Syafiyya Handmade
Syafiyya Handmade

 

Steva Mega
Steva Mega

 

Sherly
Sherly

 

Sely Syafitri
Sely Syafitri

 

Sari
Sari
Sari
Sari

 

Ratna Sari
Ratna Sari

 

Putri Ramadhani
Putri Ramadhani

 

Puspitasari
Puspitasari

 

Nurafni
Nurafni

 

Novie Batam
Novie Batam

 

Nina
Nina

 

Naraya
Naraya

 

Myrna Ikawati
Myrna Ikawati

 

Meri
Meri

 

Melta RoInnah
Melta RoInnah

 

Mega
Mega
Mega Saputri
Mega Saputri

 

May Khumaeroh
May Khumaeroh

 

Lulu Mawardi
Lulu Mawardi

 

Lhiz Dha
Lhiz Dha

 

lhaelya
lhaelya

 

Henyy Wibowo
Henyy Wibowo

 

Gina Shery
Gina Shery

 

FitriFar
FitriFar

 

Fitri Far
Fitri Far

 

Esri
Esri

 

Elis
Elis

 

Diana
Diana

 

Dian
Dian

 

Bundaeni Makeup
Bundaeni Makeup

 

Azry
Azry

 

Arzy Saleh
Arzy Saleh

 

 

Anik Khasnawati
Anik Khasnawati

 

Afriani
Afriani

 Testimoni Tauhn 2014

DEa 3

Novi
Novi
Chun Efriani
Chun Efriani
Lhaelya Ashadi
Lhaelya Ashadi
Ike 2014
Ike 2014

Dea

Ayu Wulan
Ayu Wulan

 

Dina Madinah
Dina Madinah

 

Roselyn Diandra
Roselyn Diandra

 

Azry
Azry

 

Azzany
Azzany

 

Dian Indriasari
Dian Indriasari

 

Yunita Fauziah
Yunita Fauziah

 

Fitriyudi
Fitriyudi

 

Chintya
Chintya

 

Dea Yuliani
Dea Yuliani

 

Dini
Dini

 

Ana
Ana

 

Yuliana Dewi
Yuliana Dewi

 

Aisya Trakan
Aisya dari Tarakan

 

Helda
Helda

 

Diana Ayu
Diana Ayu

 

Vita
Vita

 

Eliza
Eliza

 

Meidy
Meidy

 

Santika Bukoi
Santika Bukoi

 

Viska
Viska

 

Viska Hartania
Viska Hartania

 

Dian Indriasari
Dian Indriasari

 

Elis Anita
Elis Anita

 

Nidia Veronika
Nidia Veronika

 

Santi
Santi

 

Manja Imran
Manja Imran

 

Syafiyya Handmade
Syafiyya Handmade

 

Rurri
Rurri

 

Lusiana
Lusiana

 

Yenni Andani
Yenni Andani

 

Syafitri
Syafitri

 

Vita 15 May 2014
Vita

 

Eva Yuli
Eva Yuli

 

ratna
Ratna
Testimoni Diajeng
Testimoni Diajeng

 

Testomoni Yenni Andani
Testomoni Yenni Andani

 

Testimoni Fitry
Testimoni Fitry
Posted on

Kiat Perawatan Rambut Berhijab

kiat perawatan rambut berhijab

Sebagian wanita enggan menutup kepala dengan alasan nanti rambut lembab, kurang cahaya, kurang udara, sehingga mudah rontok, lepek, patah-patah, berketombe, dan sebagainya. Di daerah yang beriklim kering, alasan mereka mungkin, hijab membuat rambut kering dan rontok.

Hijab, sebagai bentuk ketaantan dan ketundukan kepada ar-Rahman, diantara hikmahnya justru melindungi rambut dari bahaya sinar matahari yang keras, angin, dan udara terpolusi.

Berikut ini adalah beberapa kiat perawatannya.

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan cukup air putih
  2. Keramas teratur dua atau tiga kali sepekan, dan apabila kondisi finansial memungkinkan, bisa diiringi dengan pijatan tonik atau pemberian vitamin. Sebaiknya, sahabat memijat kulit kepala dengan minyak natural atau tonik, setidaknya 5 menit setiap hari apa bila sahabat ada waktu.
  3. Jika memungkinkan, pilih sampo yang tidak mengandung deterjen semacam sodium laureth sulfat.
  4. Sahabat bisa memakai masker rambut alami, misalnya dengan lidah buaya atau bahan-bahan alamiyang murah dan berfaedah lainnya. Masker ini bisa dipakai sepekan sekali.
  5. Pilih bahan hijab yang menyerap keringat.
  6. Pastikan agar rambut tidak berada dalam keadaan basah setelah keramas ketika memakai hijab. Kondisi basah dalam keadaan terbungkus bisa mengakibatkan munculnya ketombe.
  7. Jangan mengikat rambut terlalu kuat dan kencang di bawah hijab, disamping para ulama melarang mengumpulkan rambut tersebut akan memberikan bentuk dari balik hijab.
  8. Bagi sahabat yang sudah menikah, hukum makruh banyak menyisir rambut tidak ada karena sahabat disyariatkan menyenangkan suami. Sisir rambut dengan sisir plastik yang jarang-jarang giginya, sebelum dan sesudah memakai hijab. Paling tidak sahabat bisa menyisir rambut dua kali sehari. Menyisirnya dapat membantu sirkulasi darah di kulit kepala dan, bi idznillah, menjadikan kulit kepala lebih sehat.
  9. Beri waktu rambut untuk beristirahat tanpa ikatan dan tanpa hijab ketika di rumah. Apabila sahabat baru dari luar, segera buka hijab sahabat.

Ingatlah, wahat sahabat, perawatan kecantikan rambut sahabat bisa bernilai ibadah apabila diniatkan untuk mensyukuri niklat Allah dan menyenangkan suami sahabat. Wallahua’lam.

 

Tips dari

Ummu Hani’

Sleman, DI Yogyakarta.

Dikutip dari: Majalah Muslimah Qonitah, edisi 32/VOL 03/ 1438H – 2017M

 

Dapatkan aksesoris hijab handmade dengan kualitas terbaik, klik disini

Silahkan Klik Pada Icon ini (terdapat pada bagian sudut kanan bawah browser) untuk mendapatkan tips cantik dan artikel Islami dari Delhusna Handmade 🙂

subscribe

 

Posted on

Keutamaan Bersedekah

keutamaan bersedekah

Keutamaan Bersedekah

Kita pasti sering melihat orang-orang yang tidak mampu disekitar kita, misalnya saat dijalan raya, ada anak kecil yang mengamen, orang tua yang berjualan tissue, dan bapak-bapak yang berjualan mainan anak. Pernahkah kita memikirkan bagaimana sulitnya hidup mereka? mungkin uang 5000 Rupiah akan sangat berarti bagi mereka. Bayangkan betapa sedihnya berjualan namun sedikit pembeli bahkan tidak ada yang membeli, mengamen demi mengharapkan uang 1000 sampai 2000 dari penumpang angkot. Alangkah baiknya jika kita menyediakan uang setiap harinya untuk bersedekah, missal paling sedikit dalam sehari kita harus bersedekah 5.000 – 10.000, akan lebih baik lagi jika lebih, dari rumah kita sudah menyediakan uang untuk bersedekah tersebut, jadi saat bertemu dengan orang yang tidak mampu kita dapat langsung memberinya sedekah, tanpa perlu mencari-cari uang receh 😊.

Berikut ini adalah ayat Al-Qur’an tentang sedekah:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”
(QS. Al-Baqarah [2] : 261)

Harta yang kita sedekahkan tidak akan membuat kita kekurangan uang, sebaliknya malah akan memberikan pahala dan rezeki bagi kita, seperti yang tertulis pada ayat diatas, dan janji Allah adalah pasti. Bersedekah juga memberikan kita perasaan bahagia dan tenang karena telah membantu orang lain.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”
(QS. Al-Baqarah [2] : 262)

Setelah bersedekah, kita juga harus menjaga agar tidak menyebut sedekah dan menyakiti perasaan penerima, agar memperoleh pahala 😊.

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.”

(QS. Al-Baqarah [2] : 265)

 

Kini sedekah bisa dengan mudah, yaitu secara online, berikut ini kami sertakan link bersedekah online milik Aa Gym. Sahabat bisa bersedekah untuk anak yatim, Palestina, Suriah, Rohingya dan lainnya.

Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid

Baca Juga:

Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

Silahkan Klik Pada Icon ini (terdapat pada bagian sudut kanan bawah browser) untuk mendapatkan tips cantik dan artikel Islami dari Delhusna Handmade 🙂

subscribe

Posted on

Makanan Yang sehat ala Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam

makanan yang sehat ala Rasulullah

Yuk, mulai meneladani cara hidup sehat ala Rasulullah Makanan Yang sehat ala Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam

  • Minum air setelah bangun tidur, sebelum makan apa-apa.
manfaat air putih
Manfaat air putih

Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam mengamalkan minum segelas air sejuk(bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya insyaAllah jauh dari penyakit.

  • Sarapan dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli
Manfaat madu
Manfaat madu

Setelah subuh Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli untuk membersihkan air liur dan pencernaan. Madu memiliki khasiat yang luar biasa. Dalam Al-quran, kata “syifa”, berarti obat atau kesembuhan, yang dihasilkan oleh madu, diungkapkan dengan air isim nakiroh, yang berarti umum, menyeluruh. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi membersihkan lambung, mengaktifkan usus, menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan. Dlam istilah orang Arab, madu dikenal dengan “Al Hafidz Al Amin”, karena bisa menyembuhkan luka bakar. Madu juga dikabarkan berfungsi sebagai antibiotik alami.

Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alquran.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

  • Makan tujuh butir kurma ajwa yang matang
Manfaat Kurma
Manfaat Kurma

Masuk waktu dhuha, Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam selalu makan tujuh butir kurma ajwa (matang).

Rasulullah bersabda:

Barang siapa makan tujuh butir kurma akan terlindungi dari racum”

Ini terbukti ketika seorang perempuan menaruh racun dalam makanan Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam dalam sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar, racun yang tertelah oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir ibnu al Barra’, salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut, akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam selamat. Apa rahasianya? Tujuh butir kurma! Subahanallah.

Dalam sebuah penelitian di Mesir, penyakit kanker ternyata tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengonsumsi kurma. Belakangan terbukti bahwa kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel-sel kanker. Maka tidak perlu heran kalau Allah menyuruh Maryam r.a., untuk makan kurma disaat kehamilannya saat mengandung Nabi Isa a.s. Kurma memang terbukti sangat baik untuk kesehatan janin.

 

Sumber :

Buku Brain Beuaty Belief oleh Dian Pelangi, halaman 318

 

Silahkan Klik Pada Icon ini (terdapat pada bagian sudut kanan bawah browser) untuk mendapatkan tips cantik dan artikel Islami dari Delhusna Handmade 🙂

subscribe

Sahabat juga bisa membaca tips cantik dengan klik link dibawah ini:

Tips Memilih Bros Sesuai dengan Warna Hijab

Tips Memilih Bros Sesuai dengan Kegiatan