Posted on

Kiat Perawatan Rambut Berhijab

kiat perawatan rambut berhijab

Sebagian wanita enggan menutup kepala dengan alasan nanti rambut lembab, kurang cahaya, kurang udara, sehingga mudah rontok, lepek, patah-patah, berketombe, dan sebagainya. Di daerah yang beriklim kering, alasan mereka mungkin, hijab membuat rambut kering dan rontok.

Hijab, sebagai bentuk ketaantan dan ketundukan kepada ar-Rahman, diantara hikmahnya justru melindungi rambut dari bahaya sinar matahari yang keras, angin, dan udara terpolusi.

Berikut ini adalah beberapa kiat perawatannya.

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan cukup air putih
  2. Keramas teratur dua atau tiga kali sepekan, dan apabila kondisi finansial memungkinkan, bisa diiringi dengan pijatan tonik atau pemberian vitamin. Sebaiknya, sahabat memijat kulit kepala dengan minyak natural atau tonik, setidaknya 5 menit setiap hari apa bila sahabat ada waktu.
  3. Jika memungkinkan, pilih sampo yang tidak mengandung deterjen semacam sodium laureth sulfat.
  4. Sahabat bisa memakai masker rambut alami, misalnya dengan lidah buaya atau bahan-bahan alamiyang murah dan berfaedah lainnya. Masker ini bisa dipakai sepekan sekali.
  5. Pilih bahan hijab yang menyerap keringat.
  6. Pastikan agar rambut tidak berada dalam keadaan basah setelah keramas ketika memakai hijab. Kondisi basah dalam keadaan terbungkus bisa mengakibatkan munculnya ketombe.
  7. Jangan mengikat rambut terlalu kuat dan kencang di bawah hijab, disamping para ulama melarang mengumpulkan rambut tersebut akan memberikan bentuk dari balik hijab.
  8. Bagi sahabat yang sudah menikah, hukum makruh banyak menyisir rambut tidak ada karena sahabat disyariatkan menyenangkan suami. Sisir rambut dengan sisir plastik yang jarang-jarang giginya, sebelum dan sesudah memakai hijab. Paling tidak sahabat bisa menyisir rambut dua kali sehari. Menyisirnya dapat membantu sirkulasi darah di kulit kepala dan, bi idznillah, menjadikan kulit kepala lebih sehat.
  9. Beri waktu rambut untuk beristirahat tanpa ikatan dan tanpa hijab ketika di rumah. Apabila sahabat baru dari luar, segera buka hijab sahabat.

Ingatlah, wahat sahabat, perawatan kecantikan rambut sahabat bisa bernilai ibadah apabila diniatkan untuk mensyukuri niklat Allah dan menyenangkan suami sahabat. Wallahua’lam.

 

Tips dari

Ummu Hani’

Sleman, DI Yogyakarta.

Dikutip dari: Majalah Muslimah Qonitah, edisi 32/VOL 03/ 1438H – 2017M

 

Dapatkan aksesoris hijab handmade dengan kualitas terbaik, klik disini

Silahkan Klik Pada Icon ini (terdapat pada bagian sudut kanan bawah browser) untuk mendapatkan tips cantik dan artikel Islami dari Delhusna Handmade 🙂

subscribe

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *