Posted on

Makanan Yang sehat ala Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam

makanan yang sehat ala Rasulullah

Yuk, mulai meneladani cara hidup sehat ala Rasulullah Makanan Yang sehat ala Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam

  • Minum air setelah bangun tidur, sebelum makan apa-apa.
manfaat air putih
Manfaat air putih

Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam mengamalkan minum segelas air sejuk(bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya insyaAllah jauh dari penyakit.

  • Sarapan dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli
Manfaat madu
Manfaat madu

Setelah subuh Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli untuk membersihkan air liur dan pencernaan. Madu memiliki khasiat yang luar biasa. Dalam Al-quran, kata “syifa”, berarti obat atau kesembuhan, yang dihasilkan oleh madu, diungkapkan dengan air isim nakiroh, yang berarti umum, menyeluruh. Ditinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi membersihkan lambung, mengaktifkan usus, menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan. Dlam istilah orang Arab, madu dikenal dengan “Al Hafidz Al Amin”, karena bisa menyembuhkan luka bakar. Madu juga dikabarkan berfungsi sebagai antibiotik alami.

Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alquran.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

  • Makan tujuh butir kurma ajwa yang matang
Manfaat Kurma
Manfaat Kurma

Masuk waktu dhuha, Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam selalu makan tujuh butir kurma ajwa (matang).

Rasulullah bersabda:

Barang siapa makan tujuh butir kurma akan terlindungi dari racum”

Ini terbukti ketika seorang perempuan menaruh racun dalam makanan Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam dalam sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar, racun yang tertelah oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir ibnu al Barra’, salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut, akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullan shallallahu’alaihi wa sallam selamat. Apa rahasianya? Tujuh butir kurma! Subahanallah.

Dalam sebuah penelitian di Mesir, penyakit kanker ternyata tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengonsumsi kurma. Belakangan terbukti bahwa kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel-sel kanker. Maka tidak perlu heran kalau Allah menyuruh Maryam r.a., untuk makan kurma disaat kehamilannya saat mengandung Nabi Isa a.s. Kurma memang terbukti sangat baik untuk kesehatan janin.

 

Sumber :

Buku Brain Beuaty Belief oleh Dian Pelangi, halaman 318

 

Silahkan Klik Pada Icon ini (terdapat pada bagian sudut kanan bawah browser) untuk mendapatkan tips cantik dan artikel Islami dari Delhusna Handmade 🙂

subscribe

Sahabat juga bisa membaca tips cantik dengan klik link dibawah ini:

Tips Memilih Bros Sesuai dengan Warna Hijab

Tips Memilih Bros Sesuai dengan Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *